Perbedaan Talent Management System dan HRD

talent management system

Talent Management System (TMS) dan HRD, apakah keduanya sama? Hal inilah yang banyak dipertanyakan oleh para pelaku bisnis yang tertarik dengan sistem baru yang satu ini. Bagaimanapun juga pengelolaan karyawan merupakan sesuatu yang tidak akan pernah ada habisnya. Selama perusahaan memiliki visi dan misi untuk terus maju, maka satu hal yang benar-benar harus diperhatikan adalah manajemen sumber daya perusahaan itu sendiri. Saat mendengar kata sumber daya, tentu yang ada di pikiran Anda adalah HRD.

Lantas apa perbedaannya dengan Talent Management System atau Sistem Manajemen Bakat ini?

Perbedaan Dari Segi Struktur

Perbedaan yang pertama bisa Anda amati dari segi struktur. HRD adalah satu pihak yang lebih berfokus pada perekrutan, pelatihan, serta retensi. Sementara sistem manajemen bakat tidak berfokus pada satu pihak, melainkan disebar luaskan pada masing-masing divisi perusahaan itu sendiri. Berkat adanya sistem yang telah terintegrasi antar divisi, maka setiap masing-masing divisi akan ikut andil dan bertanggung jawab dalam kegiatan yang berkaitan dengan struktur perusahaan itu sendiri.

Perbedaan Dari Segi Tanggung Jawab

Di lihat dari sisi tanggung jawab, HRD melakukan tugasnya dengan menangani hal-hal berkaitan dengan administrasi, mulai dari pembayaran gaji, waktu istirahat, tunjangan, keluhan karyawan dan lain sebagainya. Berbeda dengan Talent Management System yang lebih berfokus pada bagaimana perusahaan akan terus meningkat. Setiap masing-masing sumber daya tentu memiliki potensi untuk mengembangkan dirinya menjadi lebih baik. Dengan adanya talenta terbaik inilah maka perusahaan akan mampu menjadi lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya.

Perbedaan Dari Segi Implementasi

Sebagaimana diketahui, TMS memiliki peran yang bersifat strategis dan merancang semua yang dibutuhkan untuk rencana jangka panjang perusahaan. Berbeda dengan HRD yang umumnya bekerja lebih taktis untuk manajemen karyawan sehari-hari. Dari sini Anda tentunya memahami bahwa untuk menciptakan sumber daya terbaik bagi perusahaan, maka harus diterapkan pula TMS.

Pasalnya, persaingan perusahaan yang ada saat ini semakin kuat. Dengan hadirnya, Talent Management System, perusahaan akan selalu memiliki inovasi dan rencana terbaru untuk mengembangkan sumber daya mereka.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *