4 Tips Memilih Solar Panel Terbaik yang Tahan Lama

Cara kerja solar panel yang sederhana dengan mengubah energi matahari menjadi energi listrik, menghadirkan sejumlah manfaat bagi masyarakat. Hal ini membuat sistem pembangkit listrik satu ini mulai banyak dicari oleh warga. Bagi anda yang tertarik dengan sistem satu ini, berikut tips dalam memilih solar panel terbaik.

 

Kiat Memilih Panel Surya Terbaik

  1. Perhatikan Goresan di Kaca

Goresan yang ada di lapisan kaca solar panel merupakan salah satu masalah umum yang sering terjadi. Kendati demikian, anda tidak bisa serta merta mentoleransi adanya goresan tersebut. Pasalnya goresan kecil maupun besar tetap berpotensi dalam menyebabkan penurunan tingkat produksi daya yang dihasilkan oleh solar panel.

Rata rata, goresan tersebut ada pada lapisan kaca dan banyak ditemukan pada lebih dari 70 persen proses inspeksi kualitas. Jadi adanya goresan di kaca ini bisa dengan mudah dilihat secara visual. Sehingga anda bisa menghindari solar panel yang memiliki banyak goresan, baik itu goresan kecil maupun besar.

  1. Label Memudar atau Kabur

Umumnya, setiap modul surya yang didistribusikan telah memiliki label barcode serta nomor seri yang ditempel di dalam sistem. Label ini menandakan bahwa solar panel terkait sudah memenuhi standar. Jadi, cara kerja solar panel patut anda curigai apabila perangkat tersebut memiliki label yang memudar atau kabur saat pertama kali dibeli.

Dimana label barcode sendiri idealnya bisa anda temukan pada bagian dalam lapisan kaca laminating panel surya. Sehingga penting untuk melakukan pengecekan terhadap bagian tersebut. Karena pada saat klaim garansi nantinya anda harus menyerahkan nomor kode batang, yang tertera di bagian ini.

  1. Partikel Eksternal dalam Modul Surya

Adanya partikel eksternal dalam sebuah modul surya merupakan cacat yang bisa terjadi pada perangkat sistem pembangkit listrik satu ini. Dimana partikel yang dimaksud juga bisa bervariasi, mulai dari rambut, kain, sisa solder, atau bahkan serangga. Ini termasuk sebagai cacat visual, sehingga bisa anda identifikasi sendiri.

Jadi sebaiknya hindari modul surya yang memiliki partikel eksternal di dalamnya, sebab ukuran partikel yang kecil sekalipun dapat memberikan efek pada kinerja sistem secara signifikan. Bahkan partikel bisa saja memanas dan terbakar ketika terjadi pemaparan panel surya di bawah sinar matahari, yang nantinya bisa memicu kerusakan pada sistem secara keseluruhan.

  1. Sel Surya Rusak

Cara kerja solar panel sudah bisa dipastikan tidak membuahkan hasil apik apabila sel surya mengalami kerusakan. Mengingat bahwa sel surya inilah yang berperan dalam menangkap energi matahari. Jadi pastikan anda memperhatikan sel surya yang sudah tersusun serta dilaminating dalam panel surya. Lihat apakah kondisinya bagus atau ada yang terpotong dan lain sebagainya.

Tips memilih solar panel di atas yaitu dengan menghindari berbagai kerusakan yang biasanya terjadi pada perangkat. Pasalnya cacat yang ada di pembangkit listrik tersebut akan mempengaruhi kinerjanya dalam menghasilkan energi listrik. Untuk mendapatkan panel surya berkualitas tanpa cacat, anda bisa mencari di sunenergy.id.

0 I like it
0 I don't like it