Cara Membuat Curriculum Vitae Agar Menarik Perhatian Head Hunter Indonesia

jasa head hunter

Dalam mencari sebuah pekerjaan tentunya ada sejumlah hal yang mesti dipersiapkan, seperti surat lamaran yang pasti harus melampirkan riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV).

Apakah Anda tahu bahwa perusahaan yang membuat sebuah lowongan pekerjaan pastinya membutuhkan CV Anda? Hal tersebut dilakukan tentunya untuk mempermudah perusahaan dalam menilai dan mengevaluasi kompetensi atau keterampilan pelamar kerja. Tak hanya perusahaan yang mencari pekerja baru, perusahaan head hunter Indonesia biasanya juga membutuhkan CV para kandidat untuk kliennya.

Di samping itu, CV bertujuan untuk menyebutkan kemampuan dan kompetensi yang kita miliki pada suatu dokumen singkat untuk melengkapi surat lamaran kerja. Melalui CV ini, cerminan profile dan garis besar kehidupan Anda akan terlihat secara singkat dan jelas seperti riwayat edukasi dan pengalaman kerja yang menjadi bahan referensi pihak perusahaan ketika mewawancarai Anda.

Namun ternyata, tidak sedikit surat lamaran tidak dibaca dengan cermat dan bahkan tidak digemari pihak HRD dan head hunter Indonesia sebab kualitas CV yang tidak cukup menarik.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat curriculum vitae yang menarik untuk dikirimkan ke perusahaan tujuan Anda.

  • Lakukan Job Research

Sebelum Anda membuat curriculum vitae, tahap pertama pasti Anda akan menggali informasi secara rinci tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang bakal Anda lamar. Perlu diketahui bahwa jenis pekerjaan yang cocok ialah dengan latar belakang dan minat yang Anda inginkan. Anda dapat mencari via online atau menanyakan informasi pada teman dan kenalan Anda. Catat seluruh informasi yang berhubungan dengan persyaratan kerja layaknya kualifikasi pekerjaan, kemampuan atau keahlian, umur dan pengalaman bekerja pun menjadi bahan pertimbangan perusahaan biasa maupun perusahaan head hunter indonesia. Tidak lupa untuk Anda mencari tahu mengenai visi dan tujuan serta nilai-nilai etos kerja dari perusahaan tersebut. Dengan adanya job research dapat menyaring perusahaan mana yang akan Anda pilih.

  • Ketahui Isi CV secara Umum

Dalam merangkai sebuah CV buatlah berurut agar tidak membingungkan pembaca CV Anda, khususnya pihak HRD dan head hunter indonesia yang bakal menilai kualitas Anda pertama kalinya dengan CV tersebut. Secara umum, konten yang terdapat dalam suatu CV antara lain sebagai berikut:

  • Identitas Diri – nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat
  • Pendidikan – edukasi terakhir, jurusan dan ipk.
  • Personalitas – cerminan singkat tentang karakter diri anda.
  • Keterampilan – kemampuan yang anda miliki.
  • Proyek Dan Pengalaman Kerja – pekerjaan yang telah anda selesaikan pada masa sebelumnya atau penghargaan yang pernah didapatkan.
  • Training/Pelatihan Terbaru – pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir.
  • Informasi Lain Mengenai Diri Sendiri – hobi, referensi atau urusan lain mengenai diri anda yang bersangkutan dengan kegiatan yang dilamar.
  • Mulai Membuat CV

Cara menyusun curriculum vitae yang menarik ialah relevansi isi dan desain yang menarik. Buatlah desain yang gampang dibaca, minimalis dan layout yang rapi. Berbagai contoh desain atau bentuk CV bisa Anda cari saat berselancar di dunia maya. Buat desain yang simpel dengan kombinasi warna yang layak dan pakai simbol-simbol yang dapat dicerna oleh pembaca. Hal ini akan membuat HRD atau head hunter indonesia tidak kesulitan saat membaca CV yang Anda miliki.

Baca Juga : Mengenal Jasa Head Hunter Lebih Dekat

0 I like it
0 I don't like it