Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Kecelakaan Diri

asuransi kecelakaan diri terbaik

Pentingnya asuransi kecelakaan diri saat bekerja bukan hanya sekedar aturan dari ketenagakerjaan, melainkan sebagai keharusan. Baik melalui individu maupun perusahaan, Anda diberikan hak untuk mempunyai asuransi kecelakaan yang dapat memberikan keamanan dan proteksi diri di masa depan.

Sejumlah resiko kecelakaan tak terduga bisa saja terjadi kapan saja saat Anda bekerja. Pentingnya berasuransi dapat mengurangi resiko kerugian finansial bagi Anda maupun keluarga kapan saja.

Jenis Resiko dan Pertanggungan

Anda perlu tahu resiko apa saja yang ditanggung asuransi kecelakaan diri ini seperti resiko kematian ataupun cacat permanen yang disebabkan oleh kecelakaan, contohnya seperti keracunan karena menghirup gas atau uap beracun, terluka akibat mesin benda tajam, terkena virus atau kuman penyakit, dan mati lemas atau tenggelam.

UP atau yang disebut dengan uang pertanggungan berupa santunan akan diterima tertanggung dan besarnya bervariasi tergantung dari resiko kecelakaan yang diderita tertanggung. Untuk risiko kematian, keluarga atau ahli waris yang namannya tercantum pada polis asuransi akan menerima 100% dana santunan dari nilai pertanggungan.

BACA JUGA : Bingung Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor? Jagain Solusinya

Sementara jika tertanggung menderita cacat sebagian, ia akan menerima jaminan ganti rugi yang juga bervariasi tergantung seberapa besar cacat yang diderita seperti :

  • Cacat lengan kanan mulai dari sendi bahu akan menerima 60% pertanggungan
  • Cacat lengan kiri mulai dari sendi bahu akan menerima 50% pertanggungan
  • Cacat satu kaki mulai dari lutut sampai pangkal paha akan menerima 50% pertanggungan
  • Cacat satu kaki mulai dari mata kaki sampai lutut akan menerima 25% pertanggungan
  • Cacat ibu jari tangan kanan akan menerima 15% pertanggungan.
  • Cacat ibu jari tangan kiri akan menerima 10% pertanggungan.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Kecelakaan Diri

Jika berbicara kelebihan asuransi, maka Anda akan menerima banyak manfaat yang dapat memudahkan Anda saat bekerja, contohnya dapat memberikan rasa aman saat bekerja karena jika suatu saat terjadi kecelakaan, maka Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan pendapatan. Pihak asuransi akan menjamin ganti rugi penghasilan Anda selama tidak bekerja. Namun, di sisi lain, asuransi kecelakaan diri juga mempunyai kekurangan yaitu, jika tidak terjadinya kecelakaan atau musibah pada diri Anda, maka premi yang telah dibayarkan akan hangus. Walaupun demikian, asuransi kecelakaan diri tetaplah menjadi hal penting untuk dimiliki bagi Anda sebagai salah satu jaminan dan cara aman Anda dalam bekerja.

BACA JUGA : Bagaiman Cara Membuka Polis Asuransi Ekspor…?

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *