Ingin Wireless Mic Tetap Awet? Simak Tips Merawatnya di Sini

Ingin Wireless Mic Tetap Awet ? Simak Tips Merawatnya di Sini

Wireless mic merupakan salah satu perangkat elektronik yang digunakan untuk kebutuhan vocal, karaoke, dan lain lain. Layaknya perangkat elektronik pada umumnya yang membutuhkan perawatan, Shure wireless mic juga perlu dirawat dengan baik agar tetap awet dan bisa selalu digunakan dalam kondisi prima. Berikut tips dalam merawat wireless mic. Simak ulasannya.

Kiat Agar Wireless Mic Tetap Awet

Ingin Wireless Mic Tetap Awet ? Simak Tips Merawatnya di Sini

1. Bersihkan Secara Teratur

Melakukan pembersihan secara teratur pada perangkat elektronik adalah salah satu cara terbaik untuk merawat perangkat tersebut. Pasalnya debu atau kotoran yang menempel dan menumpuk pada alat elektronik, bisa membuatnya kehilangan performa termasuk wireless mic. Oleh karena itu anda perlu menyiapkan beberapa alat pembersih khusus, seperti kuas dan lain lain.

Pastikan anda membersihkan bagian permukaan dari mic wireless saja, tanpa perlu membuka komponen di dalamnya. Karena anda tentu memerlukan keahlian khusus untuk membersihkan berbagai part di dalam microphone. Selain itu ingat untuk tidak menyemprotkan cairan apapun secara langsung pada mic tersebut.

2. Matikan dan Nyalakan Sesuai dengan Urutan

Dalam merawat shure wireless mic, anda juga perlu memperhatikan beberapa hal kecil seperti menyalakan dan mematikan microphone sesuai dengan urutan. Mungkin hal ini terdengar sangat remeh dan sepele, namun tindakan tersebut bisa membantu anda dalam menjaga mic dari arus listrik yang tidak stabil.

Seperti halnya dengan alat elektronik lainnya yang disematkan switch on dan off, bukan tanpa alasan produsen membekali wireless mic dengan tombol tersebut. Pastikan anda telah memindahkan pada bagian off sebelum mencabut kabel power, dan pastikan mic tidak dalam posisi on sebelum anda memasang kabel power dengan aman dan solid.

3. Simpan di Tempat Kering dan Bersih

Microphone tidak boleh diletakkan sembarangan, dan memerlukan tempat penyimpanan khusus. Anda perlu memastikan bahwa tempat yang anda gunakan untuk menyimpan Shure wireless mic merupakan tempat yang bersih dan kering, agar microphone selalu dalam keadaan baik. Apabila anda tidak memiliki case khusus, maka anda bisa menggunakan dry box.

4. Gunakan Filter

Penggunaan filter ternyata juga bisa membuat wireless microphone anda menjadi lebih awet, karena dapat mencegah saliva yang mempunyai sifat korosif mengenai komponen komponen penting pada mic. Penggunaan filter juga bisa menjaga kualitas suara, sehingga tidak ada noise halus yang dapat mengganggu aktivitas anda dalam bernyanyi atau streaming.

Meskipun microphone anda memiliki kemampuan serta durabilitas yang tinggi sekalipun, pertimbangkan penggunaan filter. Bahkan pada studio musik dan radio, serta para streamer banyak yang menggunakan filter untuk microphone mereka. Singkatnya filter bisa membantu menghasilkan audio yang bersih, sekaligus menjaga kondisi Shure wireless mic anda.

 

0 I like it
0 I don't like it