Perbedaan Software Akuntansi Berbasis Online dan Offline

software akuntansi

Seiring dengan semakin majunya teknologi, banyak perusahaan mulai menggunakan software akuntansi. Kehadiran software ini memang memberikan kemudahan tersendiri bagi pemilik bisnis, terutama dalam hal pembuatan laporan keuangan. Fitur-fitur dalam software keuangan biasanya berkaitan dengan keuangan, seperti pencatatan jurnal voucher, pembuata data pajak sekaligus pengelolaannya, pembuatan laporan keuangan (neraca, neraca saldo, laporan untung dan rugi), pengelolaan stok, dan masih banyak lagi lainnya. Semakin lengkap fiturnya, tentu software akan semakin mendukung efisiensi pekerjaan yang dikerjakan oleh tim akuntansi.

Untuk Anda yang baru mau menggunakan software ini, Anda perlu tahu dulu bahwa software ini pada umumnya dibagi menjadi dua, yaitu software berbasis online dan offline. Ada perbedaan mendasar pada kedua jenis software akuntansi tersebut. Perbedaannya bisa diketahui dari beberapa sisi berikut ini.

Kemudahan Akses

Untuk kemudahan akses, software berbasis online memang paling bisa diandalkan. Anda bisa mengakses berbagai laporan keuangan secara real time dari mana pun dan di mana pun. Data-data yang Anda akses juga selalu ter-update sesuai dengan waktu akses. Berbeda dengan sistem berbasis offline yang mengharuskan Anda untuk hadir di kantor untuk menginput data. Fungsinya kurang lebih sama, tetapi dalam hal kemudahan akses, sistem offline masih sangat terbatas.

Sistem Keamanan Data

Untuk Anda yang menggunakan software berbasis offline, keamanan data bergantung pada perusahaan. Mengapa? Karena data-data akuntansi yang dikerjakan akan otomatis tersimpan dalam komputer yang digunakan atau bisa juga disimpan dalam server. Kehilangan atau pencurian data bisa diantisipasi dengan meningkatkan keamanan kantor.

Untuk sistem online, penyimpanan data biasanya menggunakan cloud. Untuk mengamankan data, pihak pembuat software biasanya memasang sistem keamanan tertentu. Untuk itu, Anda perlu menanyakan detail sistem keamanan pada penyedia jasa ketika memilih menggunakan software akuntansi berbasis online.

Demikian adalah dua perbedaan mendasar antara software akuntansi berbasis online dan offline. Yang mana yang paling pas dengan kebutuhan Anda? Silahkan langsung berdiskusi dengan penyedia jasa atau konsultan dalam bidang IT. Pastikan Anda memilih software yang terbaik.

Artikel Menarik Lainnya :

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *